Pada tahun 2012 silam, Sebuah penelitian yang dilakukan  oleh Reputation Institute mengeluarkan hasil riset nya tentang negara paling narsis di dunia, seperti yang dilansir dari CNNGo, Senin (24/9/2012). Penelitian yang berjudul 2012 Country RepTrak ini melibatkan 36.000 peserta dari 8 negara untuk menilai 50 negara di seluruh dunia.

Dari riset tersebut, ada hasil yang mengagetkan khususnya bagi kita sebagai warga Negara Indonesia, bahwa kita termasuk dalam 10 negara paling narsis di dunia tepatnya negra ke-9 dari 10 negara paling narsis.

Berikut  daftar 10 negara paling narsis di dunia menurut riset tersebut :

  1. Australia 88.70
    2. Norwegia 87.78
    3. Denmark 85.32
    4. Selandia Baru 84.81
    5. Kanada 84.49
    6. Finlandia 83.13
    7. Swiss 80.81
    8. Swedia 79.14
    9. Indonesia 78.30
    10. Singapura 76.49

Menurut psikolog klinis dan forensik, Kasandra Putranto, Narsis adalah lebih kepada mencintai diri sendiri. Pamernya nggak cuma wajah, bahkan berhadapan dengan orang maunya menang sendiri, yang penting diri sendiri daripada orang lain.

Sederhananya, narsis adalah perasaan ingin memperlihatkan ( pamer ) diri sendiri kepada orang lain melalui media apapun. Terlebih jaman sekarang, era digital, era millennial yang semua serba terkoneksi dengan social media baik di kota bahkan sampai ke kampung-kampung.

Dimanjakan lagi dengan adanya Instagram dengan fitur kamera yang bisa diedit-edit, maka sempurnalah modal kenarsis-an manusia untuk tetap eksis dijagat maya.

Nah ..dari fakta-fakta diatas yang bahkan dikukuhkan oleh hasil riset , bagi pengusaha atau orang yang punya jiwa entrepreneur ini adalah peluang besar untuk meraup keuntungan bisnis.

Dan …tadaaaa …alhasil menjamurlah bisnis-bisnis yang ujung nya adalah membuat orang bisa narsis, dari narsis malu-malu dan jaim sampai narsis tingkat ‘dewa’.

Dulu, bisnis yang menyediakan jasa ‘narsis’ hanyalah studio foto, yang pemainnya nyaris bisa dihitung dengan jari, seperti Jonas, Papirus, dan studio foto kecil-kecil di daerah.

Namun sekarang sangat mengejutkan, dimana-mana ada area foto bahkan banyak bukit-bukit , tebing, gunung, pantai, danau sampai hutan yang dijadikan spot berfoto yang berbayar. Bahkan fenomena yang terjadi saat ini setiap rumah makan, mall, kedai, bahkan warung bakso semuanya disediakan spot-spot khusus agar pembeli bisa bernarsis ria ( instagramable) dengan harapan bisa menarik perhatian warga lainnya untuk datang. Kadang-kadang urusan rasa nomor 2 ..yang penting bisa narsis dulu.

Berikut contoh-contoh usaha kekinian yang memadukan bisnis utamanya dengan bisnis ‘narsis’ Saya ambil contoh, bisnis yg tumbuh di kota besar khususnya bandung  dan sekitarnya yang dapat mewakili kota-kota lainnya di Indonesia.

  1. The Lodge Maribaya

The Lodge Maribaya sebelumnya lebih dikenal dengan The Lodge Earthbound & Adventure Park terletak di Desa Cibodas Maribaya , tidak jauh dari Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Berdiri sejak tahun 2005, lokasi ini pada awalnya hanya mengakomodasi kegiatan outbound dan berkemah saja. Barulah pada tahun 2016, The Lodge Maribaya meningkatkan pariwisata kreatifnya melalui berbagai fasilitas menarik yang dapat dinikmati oleh para pecinta kegiatan outdoor

Berikut beberapa Photo spot yang ada di The lodge maribaya (sumber www.thelodgemaribaya.com )

  1. Orchid Forest Cikole

Destinasi wisata ini terletak di dataran tinggi bandung tepatnya di Cikole, Jawa Barat. Orchid Forest Cikole bahkan disebut-sebut sebagai taman anggrek terbesar di Indonesia.

Dilansir dari laman www.idntimes.com dalam lahan seluas 12 hektare ini, terdapat lebih dari 157 jenis bunga anggrek yang dibudidayakan. Bibit anggrek berasal dari berbagai negara, seperti Venezuela, Amerika Serikat, hingga Peru.

Ekowisata yang baru setahun dibuka ini bagai paket lengkap. Pemandangan alam asri dengan udara sejuk, instalasi sarana yang aesthethic, berbagai spot foto yang Instagramable, serta fasilitas dan sub destinasi yang beragam.

  1. Floating Market Lembang

Floating Market Lembang adalah destinasi wisata yang berada di atas air kawasan situ seluas 7 hektar bernama Situ Umar dan situ Karang Putri.Keberadaan lokasi wisata ini selain berfungsi sebagai cagar wisata situ-situ bandung yang hampir punah.

Floating Market Lembang menyajikan konsep wisata yang menggabungkan antara perpaduan alam lembang yang mempesona dengan pasar terapung tradisional seperti yang ada di bangkok thailand, sungai kuin banjarmasin dan langkat sumatra utara. setiap wisatawan dapat merasakan sensasi belanja diatas perahu terapung

Seperti membeli makanan tradisional, buah-buahan segar, sayuran dan lain-lain. Selain itu, Floating market lembang juga menyediakan berbagai macam permainan anak-anak dan dewasa seperti perahu air, kereta air dan outbond saung-saung cantik dan tempat tinggal binatang yang indah.

  1. Barusen Hills Ciwidey

Tempat wisata ini lebih dikenal sebagai taman cinta, pasalnya hampir semua spot-spot poto yang disetdiakan bertema ‘cinta’. Mayoritas  pengunjung adalah para remaja dan muda-mudi serta calon pengantin yang melakukan photo prewedding, namun belakangan ini anak-anak dan orang tua pun kerap hadir menikmati keindahan pemandangan tempat wisata ini.

sumber : datawisata.com

  1. Dago Dream Park

Sebagai salah satu tempat wisata yang hadir di awal Januari 2016 ini, Dago Dreampark telah melesat menjadi viral di Indonesia.Mereka menawarkan wahana wisata kenikian dan futuristic, arena  bermain & selfie juga penginapan beserta ribuan spot photo yang luar biasa.

sumber: dagodreampark

Dengan desain  ekosistem pulau Dewata & arsitektur kombinasi Jawa – Sunda memberi kesan ideal untuk wisatawan yang ingin menikmati suasana berbeda. Disamping itu wahana tersebut  menghadirkan wahana berbasis teknologi visual & VR.

Nah ..jadi bagaimana menurut anda beberapa tempat usaha diatas ? mereka menjual makanan nya ? atau menjual narsisnya ?

 

 

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *