Mohon maaf jika judulnya agak aneh dan bikin kening kita mengkerut hehe. Begini,..Aa Gym pernah bilang, jika disetiap orang seoralh-olah ada tulisan tepat di jidat nya yaitu ‘HARGAI SAYA’. Tafsir sederhananya begini .., bahwa setiap orang itu punyak hak untuk dihargai apapun posisinya dan sebaliknya kita berkewajiban menghargai kepada siapapun setinggi apapun posisi kita.

Pengalaman saya bersama rekan-rekan kerja, ketika ada hasil kerja yang baik maka kita apresiasi sebisa mungkin, cara yang paling sederhana dan murah-meriah adalah dengan memberi pujian. Dan asal tahu saja ..pujian yang kita berikan bisa jadi akan terkenang seumur hidup oleh orang tersebut, bisa jadi. Itulah seni mengapresiasi orang.

Dan salah satu cara saya untuk mengapresiasi atau sekedar memberi ucapan terimakasih kepada orang lain adalah dengan bertanya ‘Terimakasih Mas, Nomor Sepatumu Berapa ? ketika terlondar kalimat itu bisa dipastikan suasana jadi lebih cair dan pujian pun tersampaikan. Walaupun bisa jadi itu adalah candaan sederhana untuk menyegarkan suasana, tapi ..bisa jadi suatu hari nanti saya benar-benar akan memberikan sepatu sebagai bentuk apresiasi. Siap-siap ajah ..hehe.

Berikut hal-hal sederhana yang bisa kita lakukan dalam menghargai orang lain lebih khusus menghargai rekan kerja kita atau tim kita :

  1. Ajak Makan Siang

Kita tidak akan rugi dengan mengajak makan siang salah satu tim terbaik kita. Modal puluhan ribu namun bisa buat moment tak terlupakan. Jika memungkinkan ajaklah ke Restoran favorit dia, atau restoran yang sesuai dengan budget kita, bahkan ..ke warteg pun jadi, yang penting kebersamaannya.

  1. Ungkapkan dengan Kata-Kata

Panggil ke ruangan dan sampaikan apresiasi, atau bila ada moment-moment kumpul bersama team sampaikan didepan semua orang tentang prestasinya.

  1. Buat Catatan Pribadi

Sekali-kali bolehlah dengan cara yang tidak biasa. Hehe ..contohnya buat catatan kecil terkait apresiasi kita kepada dia dan sampaikan langsung. Saya pernah diapresiasi seperti itu , dan ..wow ..langsung klepek-klepek.

  1. Beri Hadiah Kecil

Nah ini dia, jika kita punya uang ..beri dia hadiah kecil yang tak terduga. Tergantung jenis kelamin orangnya juga sih hehe ..bila dia laki-laki yang cocok adalah jersey bola, topi, t-shirt atau sepatu jika terbeli hehe.

Namun bila perempuan ..nahh ini yg harus hati-hati, jangan sampai pemberian kita disalahartikan ..haha, baiknya tanyakan dulu yang belum punya apa dan bagusnya didepan tim kita, supaya semua tau dan tidak ada prasangka.

  1. Beri Harapan Masa Depan

Satu hal lagi yang bikin dia melambung adalah dengan memberinya harapan bahwa jika prestasinya terjaga seperti ini , bukan tidak mungkin dia akan dipromosikan atau naik pangkat.

 

Nah ..itu hal-hal sederhana yang bisa kita lakukan dalam menghargai orang lain, terlebih menghargai tim kita sendiri.

 

Selamat mencoba

Please follow and like us:

2 thoughts on “Nomor Sepatu dan Seni Mengapresiasi Orang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *