MENERKA ‘ESSIEN EFFECT’ DI INDONESIA

Michael Kojo Essien atau yang lebih dikenal dengan MICHAEL ESSIEN adalah seorang pemain sepak bola Ghana yang sudah malang melintang di klub-klub besar Eropa. Tercatat tiga klub besar langganan Liga Champion pernah dibelanya yaitu Chelsea, AC Milan dan Real Madrid, selain itu pernah juga memperkuat Lyon dan Panathinaikos.

Kini, Essien akan merasakan atmosfer sepakbola yang unik di Bandung dan Indonesia. Hingar bingar dan pasang surut persepakbolaan Indonesia yang baru saja lepas dari sanksi FIFA seolah tersentak dengan kedatangan bintang sepakbola dunia, dialah Michael Essien.

Banyak kalangan tidak menyangka, anda , para pengamat sepakbola bahkan pemain dan pelatih Persib sendiri pun seolah mimpi dihadiahi pemain sekelas essien.
Well …kejutan sudah datang, walaupun sedikit membuat klub lain peserta Liga 1 terkejut, kepanasan dan mulai kasak-kusuk mencari kemungkinan-kemungkinan membuat kejutan serupa. Namun hal menarik yang patut dikupas adalah adakah dampak positif kedatangan Essien ke Indonesia ? atau jika jelas ada, kira-kira effect apa saja yang kemungkinan akan terjadi imbas dari kedatangan essien ini. Mari kita kupas bareng-bareng :

  1. Munculnya Meme Kocak Tentang Essien

Jelas …, Indonesia gitu lho. Hehe …apa sih berita heboh yang tidak jadi meme kocak di Indonesia ? pun begitu perihal kedatangan essien …jiga dicari di ‘mbah google’ pasti langsung berderet.

Meme kocak essien

  1. Munculnya Akun-akun Palsu ‘Michael Essien’

Sudah bukan rahasia lagi, setiap ada idola baru yang menguncang pemberitaan maka dalam hitungan jam akun-akun bernama tokoh tersebut pun bermunculan. Yapp..hal inipun berlaku bagi idola baru sepakbola tanah air, hitungan jam setelah diperkenalkannya Essien oleh Persib Bandung, maka sejak itu orang-orang yang kerap mengambil kesempatan langsung tancap gas membuat akun akun palsu baik di Instagram juga di Facebook. Coba anca search ‘ Michael Essien ‘ dan anda akan menemukan banyak akun dengan nama serupa, ..entah yang mana akun yang asli.

  1. Magnet Datangnya Pemain Kelas Dunia Lainnya

Kedatangan Essien, sontak membuat panas klub peserta Liga 1. Al hasil klub lain mulai gerilya mencari bintang-bintang usia senja yang mungkin bisa diangkut ke Indonesia.

Arema FC contohnya, dikabarkan sedang membidik Diego Forlan, bintang Uruguay yang kini bermain untuk Cerezo Osaka. Dan sekarang, mantan pemain timnas Nigeria dan Stoke City, Peter Odemwingie, dipercaya tinggal selangkah lagi untuk bergabung dengan Madura United.

Mario Kempes dari argentina & roger milla dari kamerun usia nyaris 40 tahun

  1. Penjualan Jersey Baik Yang Original Maupun Tiruan

Sehari setelah Essien diperkenalkan, Jersey bertuliskan ESSIEN langsung diburu bobotoh. Baik yang original maupun tiruan tetap laris diburu, konon dalam hitungan hari mampu melewati penjualan jersey sang kapten Persib Atep.

Penjualan Jersey Essien

  1. Terkenalnnya Nama PERSIB dan Sepakbola Indonesia Dalam Waktu Singkat

Bukan saja di tanah air, dunia pun dibuat heboh oleh kepindahan Michael Essien ke Persib Bandung. Media-media olah raga Dunia langsung mengabarkan.

media Inggris Daily Mail  menuliskan “Michael Essien joins Indonesian side Persib Bandung as former Chelsea and Real Madrid star seeks new challenge,”  (“Michael Essien bergabung dengan Klub Indonesia Persib Bandung, Mantan Bintang Chelsea dan Real Madrid itu mencari tantangan baru”)

Sedangkan Ghanasoccernet.com membuat judul lebih heboh, dengan menyebut Essien membuat langkah kejutan bergabung dengan klub Indonesia. “Former Chelsea and Ghana star Michael Essien seals SHOCK move to Indonesia,”

Media olahraga Spanyol, Marca, juga memuat berita kepindahan Essien. Dalam edisi bahasa Spanyol, Marca memberi judul “El Persib Bandung Indonesio Ficha a Essien.” atau “Klub Indonesia Persib Bandung Kontrak Essien”, dengan dihiasi foto Pelatih Djadjang Nurdjaman bersama Essien.

Media terkenal Spanyol Marca, Four Four Two yang mengangkat “Essien Joins Indonesian Side Persib Bandung”, serta media Prancis L’Equipe yang membuat judul: “Michael Essien rejoint Persib Bandung, en Indonesie“.

  1. Animo Masyarakat tentang Sepakbola Makin Meninggi

Bisa dipastikan masyarakat Indonesia kian tak sabar menunggu bergulirnya Liga 1 yang akan digelar pertengahan april nanti. Bisa dilihat dari berita yang kini banyak dicari adalah soal sepakbola dan saga transfer pemain kub-klub Indonesia.

  1. Kenaikan Pendapatan dari Hak Siar Televisi

Persib Bandung yang kini mendapat peringkat 1 jumlah penonton terbanyak baik di televise maupun di stadion, bisa diprediksi akan semakin bertambah penghasilannya. Bobotoh kian tak sabar menonton para bintang baru termasuk Essien bekerjasama dengan pemain local macam hariono dan kapten Atep.

  1. Berebut Hak Siar Liga-1

Kabarnya, hampir semua stasiun TV berebut hak siar Liga 1. Setelah MNC Grup ( RCTI, Global dan MNC TV ) dan kemarin EMTEK Group ( SCTV dan Indosiar ), kabarnya kini VIVA Group ( TVONE dan ANTV ) siap menyalip.

  1. Brand Produk Baru ES SIEN

Ini nih yang bikin saya tersenyum …

Es Sien

Hehe …bercanda, sepertinya ini editan, namun meme kocak tentang es sien ini bisa jadi inspirasi muncul nya brand produk baru, mungkin brand es ini akan  dipakai di daerah-daerah yang jauh dari kota tanpa mengindahkan tektek benget soal hak paten.

Walaupun bukan kali pertama Indonesia kedatangan pemain dunia, namun kedatangan Essien yang usianya relatif belum senja memberikan angia segar bagi persepakbolaan Indonesia, karena bintang dunia yang dulu datang rata-rata sudah senja, sebut saja  Mario Kempes dari argentina & roger milla dari kamerun usia nyaris 40 tahun.