Antara Brand dan Branding – Bagian 1

Apa pengertian brand ?”  Suatu ketika tanya pak Laksita dalam sesi training tentang Brand Acrivation.

Melihat beragam jawaban yang berbeda, Pak Laks ( begitu sapaan akrab Pak Laksita) langsung memberi penjelasan singkat, “Brand adalah reputasi” ujar nya, dan semua peserta pun terdiam, begitupun saya ..hehe.

“Sedangkan logo adalah simbol yang merepresentasikan brand tersebut”.

Ok, kita coba pelajari bersama, apa itu brand dan apa itu branding ?

Pengertian Merek atau Brand

Pengertian Merek atau Brand – Brand adalah ‘reputasi’,  bukan sekedar logo atau nama perusahaan Anda, melainkan image atau persepsi seseorang tentang produk atau perusahaan Anda. Brand adalah kombinasi lengkap dari asosiasi yang orang bayangkan ketika mendengar sebuah nama perusahaan atau produk.

Dalam pengertian lain, Brand  adalah segala sesuatu yang terkait dengan perusahaan, produk, atau layanan – semua atribut, baik yang berwujud maupun tidak berwujud. Jika kita adalah orang marketing, atau marcomm , atau yang berurusan dengan brand  dan komunikasi, ini adalah apa yang harus Anda perjuangkan, apa yang harus Anda lakukan, katakan dan tampilkan ke depan publik. Pengertian Merek atau Brand

Ibaratnya, brand  bagi sebuah perusahaan adalah reputasi bagi seseorang. Apa yang membuat seseorang itu nampak bernilai lebih dibanding orang lain, apakah itu rupa, sifat, atau nilai lainnya yang membuat orang terpesona dengannya.

Pun demikian, hal yang sama juga berlaku bagi perusahaan. Koneksi yang mendalam dan tahan lama hanya bisa terjalin jika pelanggan dan klien berbagi nilai dengan Anda. Maka, semakin baik Anda mendefinisikan nilai-nilai Anda, bertindak berdasarkan nilai-nilai tersebut, dan mengkomunikasikannya dengan pelanggan Anda, semakin dalam pula koneksi yang Anda ciptakan.

Brand adalah aset paling penting

Jangan pernah anggap rendah brand, karena ia adalah aset terpenting yang bisa dimiliki perusahaan. Brand yang baik dan terawat akan memberikan nilai, menciptakan diferensiasi dan mendapatkan hasil jangka panjang.

adidas

Brand akan menjadi pembeda antara perusahaan anda dengan yang lain. Brand yang baik akan menempatkan perusahaan atau produk Anda di atas para pesaing Anda, dan membantu Anda menjadi pilihan utama.

Untuk mengetes bahwa begitu bernilainya sebuah brand, apa yang akan anda pilih jika disodorkan dua barang ( sepatu ) yang sama persis namun dengan logo yang sedikit berbeda. Yang satu sepatu dengan simbol garis tiga bertuliskan ‘adidas’  dan yang satunya sepatu dengan simbol garis empat bertuliskan ‘adidos’, mana yang anda pilih ?

Saya yakin kebanyakan dari anda akan memilih sepatu dengan simbol garis tiga dan tulisan adidas.

starbucks

Atau apa yang terbayang dalam ingatan anda jika mendengar kata STARBUCKS ? pasti yang terbayang adalah kopi, mewah, mahal, elegan, modern dan berkelas. Itulah identitas yang sukses disematkan pada starbucks.  Hebat bukan ?