Antara Brand & Branding – Bagian 2

Elemen-elemen Penting Dalam Membangun Brand

 

Brand yang efektif adalah brand yang mampu menciptakan persepsi mayarakat bahwa tidak ada produk, layanan, perusahaan atau komunitas lain yang menyerupai Anda, entah perbedaannya pada manfaat, bentuk, kemudahan penggunaan, harga atau prestise, yang pasti konsumen yakin bahwa Anda menawarkan sesuatu yang berbeda dari yang lainnya. Tapi bagaimana caranya agar konsumen mampu membedakan bahkan lebih memilih produk kita daripada produk lain ? jawabannya adalah Branding!

Banyak faktor yang memegang peranan, baik dalam bentuk  berwujud maupun tidak berwujud, termasuk warna cat serta interior kantor, seragam karyawan, budaya perusahaan, standar layanan, desain materi cetak, dan lainnya. Intinya semua hal yang konsumen lihat, dengar dan rasakan yang berhasil membuat perbedaaan dibanding merek lainnya.

Brand yang dibuat haruslah mencerminkan produk itu sendiri serta image perusahaan yang ingin dibangun bahkan jika harus nama, logo, warna juga harus disesuaikan dengan target pasar yang dituju. Ada beberapa Jenis Brand, yaitu: Brand Perusahaan, Brand Produk, Brand Jasa, Brand Perorangan, Brand Organisasi, Brand Acara, Brand Geografis.

Berikutnya perhatikan elemen-elemen penting dalam Brand ( Brand Elemen ) yang akan digunakan :

  1. Nama

Nama adalah rangkaian kata atau rangkaian huruf yang digunakan untuk mengidentifikasikan hal terkait produk, image, layanan bahkan Visi dan Misi perusahaan.

  1. Logo

Logo adalah Bentuk Visual yang mencerminkan Brand . Logo adalah bagian dari cara kita membangun image. karena itu tagline harus mampu mengkomunikasikan visi dan misi, dan konsisten dengan apa yang Anda janjikan kepada publik.

  1. Grafik

Seperti bentuk font yang khas, mudah diingat dan tidak pasaran. Ada beberapa brand yang melegenda dengan font yang khas, misalnya Walt Disney, Coca Cola dan logo yang khas dan simple seperti Nike.

  1. Bentuk

 

Contoh produk yang sukses adalah botol Coca Cola. Bentuk unik dan berbeda dari botol kaca Coca Cola pada akhirnya membentuk sebuah identitas brand yang cukup kuat. Tak jauh berbeda, adalah bentuk-bentuk produk Apple, mulai dari iPhone, iPod hingga iPad yang meskipun selalu bervariasi, namun tetap mengesankan bentuk minimalis elegan yang menjadi ciri khasnya pun merupakan salah satu identitas yang tetap dipertahankan dan menjadi pembeda brand ini.

  1. Warna

Warna khas bagi sebagian brand bisa melambangkan identitas brand tersebut. Sebut saja GreenPeace yang sesuai dengan warnanya selalu menggunakan warna-warna yang berhubungan dengan alam, seperti hijau, atau lagi-lagi Coca Cola yang identik dengan warna merah, begitupun maskapai AirAsia.

  1. Suara

Dalam hal ini, peranan sebuah jingle sangat berperan dalam mengaitkan persepsi brand dengan sebuah produk/jasa. kita dapat langsung mengenali jingle es krim Walls kapan pun kita mendengarnya. Soundtrack film Mission Impossible – ya, film pun dapat menjadi sebuah brand yang kuat – juga menjadi salah satu penanda pentingnya asosiasi suara terhadap persepsi brand.

Dan elemen penting lainnya dalam sebuah Brand adalah Aroma & cita rasa. Namun hanya sebagian produk yang concern dengan elemen ini.